Sarung Tangan Rumah Tangga

Sarung tangan rumah tangga merupakan sarung tangan yang digunakan untuk memroses alat-alat bekas pakai. Sarung tangan rumah tangga ini lebih dikhususkan untuk digunakan pada saat menangani bahan atau alat yang terkontaminasi. Digunakan pada saat akan membersihkan permukaan dari alat yang terkontaminasi tersebut. Sarung tangan rumah tangga ini dapat digunakan berulang-ulang dan dapat dicuci kembali. Sarung tangan ini tidak perlu di sterilkan hanya cukup dicuci saja sampai bersih. Sarung tangan ini dapat disesuaikan dengan ukuran tangan kita karena tersedia dalam berbagai ukuran dimulai dari yang kecil sampai dengan ukuran yang besar.


sarung tangan rumah tangga
Sarung tangan non steril suntouch


Harga Sarung Tangan Rumah Tangga

Harga sarung tangan rumah tangga yang dijual di toko alat-alat kesehatan pada umumnya sangat terjangkau. Sarung tangan ini dijual per bungkus yang berisi sepasang sarung tangan. Sarung tangan rumh tangga ini dijual dnegan harga Rp 20.000,-. Sarung tangan ini memiliki ketebalan yang lebih tebal diantara semua sarung tangan yang ada.

Dalam menggunakan sarung tangan ini, perlu diperhatikan beberapa hal diantaranya ialah sebagai berikut :
  • Memakai sarung tangan sebaiknya disesuaikan terlebih dahulu dengan ukuran tangan. Agar sarung tangan yang kita gunakan tidak longgar ataupun tidak ketat. 
  • Sarung tangan sebaiknya diganti apabila sarung tangan tersebut mengalami kebocoran atau perforasi. Karena menggunakan sarung tangan yang bocor dapat memperbesar kemungkinan terjadinya penularan infeksi dari peralatan yang kita bersihkan ataupun terkontaminasi dengan cairan yang menempel pada peralatan yang kita bersihkan. 
  • Sebelum menggunakan sarung tangan sebaiknya kuku dalam keadaan pendek. Apabila kuku terlihat panjang maka potonglah kuku sebelum menggunakan sarung tangan. Kuku tangan yang panjang akan memperbesar kemungkinan resiko sarung tangan yang robek. 
  • Pada saat menggunakan sarung tangan, tarik sarung tangan sampai menyentuh ujung jari tangan dan menutupi lengan tangan. 
  • Untuk mencegah kulit tangan kering atau mengalmi kerutan, maka dapat menggunakan lotion tangan sebelum menggunakan sarung tangan. 
  • Tidak dianjurkan untuk menggunakan krim yang mengandung minyak karena dapat merusak sarung tangan. 
  • Jangan menggunakan cairan pelembab yang terlalu wangi karena bisa membuat kulit mengalami iritasi pada saat menggunakan sarung tangan. 
  • Jangan menyimpan sarung tangan pada suhu atau tempat yang terlalu panas atau terlalu lembab karena dapat merusak sarung tangan. 
Sarung tangan rumah tangga ini dapat kita gunakan beberapa kali untuk membersihkan bahan atau alat yang terkontaminasi. Sarung tangan ini terbuat dari bahan latex atau vinil yang tebal. Dalam tahapan dekontaminasi alat, sarung tangan ini digunakan setelah mencuci tangan. Dekontaminasi ini dilakukan dengan tujuan untuk mencegah penularan infeksi melalui alat atau permukaan benda. Infeksi yang dapat ditularkan melalui alat atau permukaan benda ini diantaranya ialah hepatitis B, HIV, dan lain sebagainya. Bahan yang digunakan untuk dekontaminasi ini ialah desinfektan. Desinfektan ini ialah bahan atau larutan kimia yang dapat berguna untuk membunuh mikroorganisme pada benda mati. Sarung tangan rumah tangga di pakai juga saat mencuci alat. Pencucian dilakukan dnegna menggunakan sabun detergent dan dilakukan dibawah air mengalir.

Penggunaan sarung tangan termasuk sarung tangan rumah tangga merupakan salah satu cara dalam melakukan kewaspadaan universal. Kewaspadaan universal yaitu indakan pengendalian terhadap infeksi yang dilakukan oleh setiap petugas kesehatan untuk mengurangi risiko dari penyebaran infeksi dan didasarkan pada prinsip bahwa darah dan cairan tubuh dapat berpotensi menularkan penyakit, baik berasal dari pasien maupun petugas kesehatan.

Catatan : Harga diatas benar pada saat artikel ini ditulis namun dapat berubah sewaktu waktu tanpa pemberitahuan. Harga terbaru silahkan hubungi Telp / SMS / WhatsApp : 0822 144 623 86 / 081 12 2345 05 BBM : 2AB98F9C atau kunjungi www.tokoalkes.com.


Oleh : Bidan Rina
Sumber :
  • bidanshop.blogspot.co.id




Terima kasih untuk Like/comment FB :