Nama Sarung Tangan Dokter

Nama sarung tangan dokter yang sering digunakan untuk pemeriksaan dapat bersifat steril atau non steril. Sarung tangan dokter atau sarung tangan medis ini digunakan oleh dokter dengan tujuan untuk mencegah terjadinya infeksi silang atau penularan penyakit dari dokter ke pasien atau sebaliknya. Selain itu, sarung tangan dokter ini juga digunakan selian oleh dokter. Tenaga kesehatan lainnya seperti bidan, perawat, analis, dan lain sebagainya menggunakan sarung tangan pada setiap pemeriksaan yang dilakukan.


Nama Sarung Tangan Dokter
sarung tangan sempercare


Macam-macam Nama Sarung Tangan Dokter 

Berbagai macam nama sarung tangan dokter yang di produksi dan di jual di toko-toko alat kesehatan. Nama sarung tangan dokter tersebut umumnya di ambil dari produsen sarung tangan dokter tersebut. Hal ini menandakan sebagai suatu ciri dari merk sarung tangan dokter. Selain itu, nama sarung tangan dokter juga diambil dari bahan pembuat sarung tangan tersebut. Seperti sarung tangan yang terbuat dari bahan latex yang diberi nama dengan sarung tangan latex.

Pada dasarnya sarung tangan dokter ini terdapat 2 jenis yaitu sarung tangan steril dan sarung tangan non steril. Sarung tangan steril pada saat digunakan telah dalam keadaan steril dan tidak perlu di sterilisasikan terlebih dahulu. Sedangkan sarung tangan non steril apabila akan digunakan dalam kegiatan yang memerlukan prinsip steril maka perlu di sterilkan terlebih dahulu.

Sterilisasi pada sarung tangan dapat saja dilakukan. Sarung tangan di tempatkan pada alat sterilisator pada bagian atas atau pintu paling atas. Pintu paling atas dari alat sterilisator berfungsi untuk mensterilkan alat-alat bukan dari bahan satinless steel seperti kateter, sarung tangan, kassa, kapas dan lain sebagainya.

Sarung tangan dokter yang bersifat steril dapat diperoleh dari merk EWG. Merk EWG ini menjual sarung tangan steril yang dijual dalam satu kemasan yang berisikan sepasang sarung tangan steril. Harga dari saru pasang sarung tangan steril ini adalah Rp 5.000,-. Harga tersebut merupakan harga jual dari sarung tangan EWG di toko alkes Bandung.

Selain sarung tangan steril terdapat juga sarung tangan non steril. Sarung tangan non steril ini banyak namanya diantarany suntouch, sensigloves, maxter dan lain sebagainya. Sarung tangan non steril di jual dalam kemasan per box. Setiap boxnya berisikan sarung tangan sebanyak 100 buah atau 50 pasang. Tentunya harga dari sarung tangan non steril ini lebih murah dibandingkan dengan sarung tangan steril.

Sarung tangan non steril biasanya digunakan dalam tindakan non pembedahan. Seperti melakukan pemeriksaan pada pasien, mengambil sampel untuk pemeriksaan diagnostik dan lain sebagainya. para petugas kesehatan seperti dokter harus menggunakan sarung tangan pada saat melakukan pemeriksaan sebagai upaya untuk mencegah terjadinya infeksi silang. Infeksi silang ini dapat terjadi antara dokter dengan pasien. Bisa saja dokter menularkan penyakit pada pasien atau sebaliknya pasien menularkan penyakit pada dokter yang dapat diperantarai oleh tangan. Maka dari itu menggunakan sarung tangan sangatlah penting.

Sarung tangan dokter itu sendiri sebaiknya selalu tersedia. Sediaan dari sarung tangan dokter disesuaikan dengan kebutuhan baik jumlah maupun jenis dari sarung tangan. Misalnya saja terdapat sarung tangan panjang, sarung tangan pendek, sarung tangan nitril, sarung tangan steril, sarung tangan non steril, dan lain sebagainya. Jumlah ketersediaan dari masing-masing sarung tangan tersebut harus disesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari.





Oleh : Bidan Rina
Sumber :

  • tokoalkes.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :