Macam Macam Sarung Tangan

Macam macam sarung tangan yang di produksi di sesuaikan dengan fungsi dari sarung tangan tersebut. Ada sarung tangan medis, ataupun sarung tangan lainnya yang umumnya digunakan pada saat melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan yang beresiko. Sarung tangan umumnya digunakan sebagai alat pelindung diri untuk melindungi tangan dari kemungkinan terjadinya kecelakaan pada tangan. Berbagai faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih sarung tangan untuk digunakan sesuai dengan fungsinya masing-masing. Tujuannya agar sarung tangan yang digunakan dapat memberikan perlindungan yang maksimal.


Macam Macam Sarung Tangan
sarung tangan medis


Adapun faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan sarung tangan yang tepat antara lain adalah :

  •  Bahaya yang terpapar, berbentuk bahan-bahan kimia, korosif, benda-benda panas, dingin, tajam atau kasar. 
  • Daya tahannya terhadap bahan-bahan kimia misalnya sarung tangan dari karet alami adalah tidak tepat bila digunakan pada pemaparan pelarutpelarut organic (solvents) karena karet alami larut dalam solvents. 
  • Kepekaan yang diperlukan dalam melakukan suatu pekerjaan untuk pekerjaan harus dimana pemakainya harus membedakan benda-benda yang halus, pemakaian sarung tangan yang tipis akan memperikan kepekaan yang lebih besar dari sarung tangan yang berukuran tebal. Bagian tangan yang harus dilindungi, bagian tangan saja atau tangan dan lengan bawah. 
Menurut bentuknya sarung tangan dapat dibedakan menjadi:

  • Sarung tangan bisasa (Gloves) 
  • Gaunlets atau sarung tangan dimana keempat dari pemakainya dibungkus menjadi satu kecuali ibu jari yang mempunyai pembungkus sendiri (bentuknya seperti sarung tangan petinju). 
Macam-macam sarung tangan menurut bahaya yang harus dicegah :

  • Bahaya listrik : sarung tangan karet 
  • Bahaya radiasi yang mengion : sarung tangan karet atau kulit yang dilapisi Pb. 
  • Benda-benda tajam atau kasar : sarung tangan kulit atau PVC atau sarung tangan kulit yang dilapisi dengan logam krom. 
  • Asam dan Alkali yang korosif : sarung tangan karet (Natural Rubber) 
  • Pelarut Organik (Solvents) : sarung tangan dari karet sintetik (Synthetic rubber) 
  • Benda-benda panas : Sarung tangan kulit, Asbestos, atau Gaunets. 


Macam macam Sarung Tangan Medis


Macam macam sarung tangan medis bila dilihat dari sifat sarung tangan yang dimiliki terdiri dari sarung tangan steril dan sarung tangan non steril. Sarung tangan steril merupakan sarung tangan yang telah di sterilkan terlebih dahulu sebelum digunakan. Sarung tangan steril ini biasanya digunakan pada tindakan yang berhubungan langsung dengan pasien. misalnya saja pada tindakan penjahitan luka. Sarung tangan yang digunakan untuk penjahitan luka ialah sarung tangan steril. Dengan menggunakan sarung tangan steril ini diharapkan bahwa tidak ada bakteri yang dapat masuk melalui sarung tangan ke dalam luka terbuka pada pasien.

Pada sarung tangan steril ini tidak terkandung virus, bakteri, jamur ataupun mikrospora yang dapat menjadi sumber penularan penyakit. Sarung tangan steril dapat kita buat sendiri dengan mensterilkan sarung tangan bersih ke dalam alat sterilisator. Ataupun kita dapat membelinya secara langsung di toko alat-alat kesehatan yang menyediakan sarung tangan steril seperti di toko alkes.

Sedangkan untuk sarung tangan non steril biasanya digunakan hanya untuk melindungi diri dari kemungkinan terpapar oleh zat kontaminasi. Sarung tangan non steril ini biasanya tersedia dalam kemasan per box. Setiap satu boz sarung tangan non steril ini terdiri dari 100 sarung tangan atau 50 pasang sarung tangan.






Oleh : dokter Rifa
Sumber :

  • jualsarungtangan.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :