Jual Sarung Tangan Latex

Jual sarung tangan latex banyak terdapat di Indonesia. Terdapat beberapa pabrik yang memproduksi dan menjual sarung tangan latex. Pabrik sarung tangan latex ini berperan memproduksi sarung tangan berbahan latex untuk bermacam keperluan (medis, industri bahan kimia, industri pengolahan makanan, industri percetakan, rumah tangga, dan sebagainya. Pabrik sarung tangan latex umumnya tidak hanya memproduksi sarung tangan latex saja, tetapi juga sarung tangan bahan lainnya seperti nitril dan vinyl. Ada pabrik yang khusus membuat sarung tangan medis, ada yang memproduksi sarung tangan untuk bermacam-macam keperluan. Pabrik sarung tangan latex bisa memproduksi lebih dari satu macam Merk sarung tangan.

Sarung tangan latex atau karet terkenal sangat elastis, lentur, dan menyesuaikan bentuk tangan sehingga nyaman dipakai. Kekurangan sarung tangan latex adalah protein latex sering menimbulkan reaksi alergi pada segelintir orang sehingga menimbulkan gatal-gatal (reaksi ringan). Sarung tangan latex dalam dunia medis berdasarkan penggunaannya dibagi menjadi dua, yaitu sarung tangan latex non-steril dan steril.




Sarung tangan karet steril digunakan saat melakukan prosedur yang menuntut tingkat sterilitas tinggi untuk mencegah mikroorganisme berbahaya (bakteri, virus, jamur, parasit) masuk ke tubuh pasien atau sebaliknya. Dalam praktek sehari-hari, sarung tangan latex non-steril berguna untuk melindungi diri dari penularan infeksi, yaitu saat tindakan pengambilan sampel darah pasien, injeksi obat (intravena, intramuskular, subkutan), memasukkan obat intravaginal dan suppositoria, pemeriksaan dalam (vaginal touche, rectal touche), kontak dengan limbah medis (bekas suntikan, cairan tubuh pasien, bekas alat-alat menjahit), prosedur intubasi endotrakeal, kontak dengan luka terbuka yang telah terinfeksi, dan pemeriksaan diagnostik di laboratorium.

Proses Produksi oleh Pabrik Sebelum Jual Sarung Tangan Latex

Pabrik akan memproduksi sarung tangan latex sebelum jual sarung tangan latex tersebut. Latex adalah getah berwarna putih kekuningan yang disadap dari batang pohon karet. Latex yang dipakai adalah latex alam pekat dengan kadar karet kering 60% bahan pemeka, debu silikat, dan bahan penggumpal kalsium nitrat. Nantinya, sarung tangan akan disterilisasikan dengan metode kimiawi (gas etilen oksida) atau metode fisika (sinar Gamma).

Tahapan produksi sarung tangan latex sendiri terdiri dari dua tahap, yaitu produksi latex alam polimerisasi dan tahapan produksi sarung tangan. Pada tahap produksi latex alam polimerisasi, latex alam pekat akan dicampur dengan monomer vinyl (sebagai bahan pemeka) kemudian diiradiasi dengan sinar Gamma pada dosis tertentu sehingga akan terbentuk latex alam polimerisasi.

Pada tahapan produksi sarung tangan, latex tadi akan dicetak sesuai bentuk tangan. Cetakan sarung tangan (dalam keadaan panas) dicelupkan ke dalam bahan penggumpal kemudian dalam beberapa menit dikeringkan di udara bebas. Setelah itu, cetakan tersebut dicelupkan ke dalam kompon latex polimerisasi, lalu lapisan latex yang menempel di cetakan dikeringkan beberapa menit di udara bebas. Setelah itu, lapisan latex tersebut dimasukkan ke dalam oven bersuhu 90 hingga 100 derajat celcius dalam waktu 10 sampai 15 menit sampai lapisan latex mengering di cetakannya. Setelah kering, sarung tangan latex yang menempel di cetakan dikelupas kemudian diseleksi untuk dipilih yang layak digunakan setelah itu dicuci. Kualitas sarung tangan latex diuji dari segi penampilan, kekenyalan, keadaan fisik yang disesuaikan dengan Standar Nasional Indonesia (SNI).

Sarung tangan selanjutnya bisa dilengkapi dengan bedak/powder atau tepung. Sarung tangan latex steril akan melalui proses sterilisasi dan dikemas per pasang untuk mempertahankan kesterilannya. Ukuran sarung tangan latex non-steril dibuat berdasarkan ukuran huruf (XS, S, M, L) dan sarung tangan latex steril dibuat berdasarkan ukuran angka (6, 6.5, 7, 7.5, 8). Ukuran untuk wanita berkisar dari XS hingga M dan 6 hingga 7, untuk pria M sampai L dan 7 sampai 8.



Oleh : Bidan Rina
Sumber :
  • ptm.bppt.go.id
  • sumberenergy.com
  • kilauberliannusantara.web.indotrading.com
  • universal-gloves.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :