Harga Sarung Tangan Medis

Harga sarung tangan medis dijual dengan harga yang berbeda. Sarung tangan medis juga lazim disebut sebagai sarung tangan dokter. Akan tetapi, sarung tangan medis tidak hanya dipakai oleh dokter saja. Tenaga kesehatan lain seperti perawat dan bidan pun menggunakan sarung tangan medis dalam praktek sehari-hari saat kontak dengan pasien. Sama seperti fungsi sarung tangan pada umumnya, sarung tangan medis befungsi sebagai alat pelindung diri, dimana yang dimaksud pelindung diri adalah melindungi dari penularan infeksi dari pasien ke tenaga medis atau sebaliknya dan untuk menjaga etika juga saat bersentuhan dengan pasien.


Harga Sarung Tangan Medis
sarung tangan latex


Bakteri, virus, jamur, dan parasit dapat menular melalui darah dan cairan tubuh lainnya sehingga dapat berpindah ke tubuh orang lain bila orang lain terpajan oleh darah dan cairan tubuh tersebut yang telah terinfeksi tersebut. Sarung tangan yang dipakai di industri selain kesehatan bersifat non-steril dan lebih tebal. Sarung tangan medis ada yang steril dan ada yang non-steril dengan bermacam-macam bahan. Sarung tangan medis cenderung tipis dibanding sarung tangan yang dipakai di pabrik.


Harga Sarung Tangan Medis Non-Steril

Harga sarung tangan medis non-steril biasanya di jual dalam kemasan per box dengan harga kisaran Rp 50.000,-. Sarung tangan medis non-steril dibuat dari karet/lateks atau nitril. Sarung tangan medis jenis ini terutama dipakai untuk melindungi tenaga medis, biasanya digunakan di saat-saat berikut ini:

  • Menyuntik pasien (injeksi) 
  • Mengambil sampel darah 
  • Melakukan pemeriksaan vaginal touche dan rectal touche (colok dubur) 
  • Kontak dengan limbah medis (biasanya juga dipakai oleh petugas kebersihan) 
  • Membersihkan alat-alat medis bekas pakai 
  • Memasukkan obat ke dubur (supositoria) 
  • Melakukan pemeriksaan laboratorium 
Sarung tangan medis non-steril berukuran lebih pendek dibanding yang steril, ada yang powdered dan ada yang non-powdered. Sarung tangan medis non-steril biasanya digunakan oleh petugas laboratorium karena bedak dapat merusak preparat apabila tumpah keluar dari sarung tangan. Merk sarung tangan medis berbahan lateks yang terkenal dan sering dipakai adalah Sensigloves, Maxter, Suntouch, dan Fortune. Merk sarung tangan medis berbahan nitril yang terkenal yaitu SemperCare. Harga sarung tangan medis berbahan nitril sedikit lebih mahal dibanding yang berbahan lateks atau karet. Sarung tangan yang berbahan nitril lebih tahan terhadap bahan-bahan kimia dan benda tajam akan tetapi kurang lentur bila dibandingkan dengan sarung tangan berbahan lateks. Sarung tangan medis non-steril dikemas dalam bentuk kotak yang berisi 50 atau 100 pasang sarung tangan. Harga per box (kotak)-nya untuk yang 50 pasang berkisar antara 35 hingga 60 ribu tergantung toko yang menjualnya. Ukuran sarung tangan non-steril terdiri dari XS, S, M, dan L.

Harga Sarung Tangan Medis Steril 

Harga sarung tangan medis steril biasanya dijual dalam kemasan satu pasang dengan harga Rp 5.000,- satu pasangnya. Sarung tangan medis steril dikemas per pasang yang dibuat dengan cara disterilkan terlebih dulu dan dibungkus dengan kertas tebal yang juga steril di bagian dalamnya. Sarung tangan medis steril lebih panjang dibanding sarung tangan non-steril dan biasanya lebih tebal. Sarung tangan ini biasanya dipakai sebagai perlindungan diri saat tindakan-tindakan invasif seperti operasi dan terutama ditujukan untuk melindungi pasien. Saat operasi, tubuh pasien dibuka sehingga akses mikroorganisme infeksius untuk masuk terbuka lebar dan akan mudah sekali masuk ke dalam darah dan menyebar ke seluruh tubuh pasien. Jadi, alat-alat (termasuk sarung tangan) untuk prosedur operasi haruslah benar-benar steril.

Sarung tangan steril dikemas per pasang dan dibungkus dengan kertas yang tebal yang telah disterilkan terlebih dulu. Harga per pasangnya berkisar dari 5 hingga 10 ribu. Bisa juga beli per box yang berisi 50 pasang dengan harga berkisar dari 150 hingga 250 ribu. Sarung tangan medis steril dilengkapi dengan bedak (powder) di dalamnya untuk mempermudah saat pemakaian. Sarung tangan steril memakai ukuran angka dan tersedia dalam ukuran 6, 6.5, 7, 7.5, dan 8. Ukuran 6 adalah yang paling kecil (biasanya untuk wanita) dan 8 yang terbesar (biasanya pria). Bentuk sarung tangan steril sudah dipaskan dengan tangan kanan dan kiri, tidak seperti sarung tangan medis non-steril yang kesemuanya bisa dipakai di tangan kanan maupun kiri (ambidextrous).


Catatan : Harga diatas benar pada saat artikel ini ditulis namun dapat berubah sewaktu waktu tanpa pemberitahuan. Harga terbaru silahkan hubungi Telp / SMS / WhatsApp : 0822 144 623 86 / 081 12 2345 05 BBM : 2AB98F9C atau kunjungi www.tokoalkes.com.






Oleh : dokter Rifa
Sumber :

  • kesimpulan.com
  • tokoalkes.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :