Harga Sarung Tangan Lateks

Harga sarung tangan lateks berbeda di tiap-tiap penjual walau tidak terpaut jauh. Sarung tangan merupakan salah satu Alat Pelindung Diri (APD) untuk melindungi tubuh dari bahan-bahan infeksius dan berbahaya. Selain dari bahan latex atau karet, sarung tangan juga dapat dibuat dengan bahan vinyl atau nitril. Harga sarung tangan latex lebih mahal dibanding lebih murah dibanding sarung tangan nitril dan lebih mahal dibanding vinyl. Harga sarung tangan latex terjangkau karena memang sudah menjadi kebutuhan dalam praktek tenaga kesehatan sehari-hari.


Harga Sarung Tangan Lateks
sarung tangan suntouch


Sarung tangan latex dibuat dari karet alami yang dihasilkan oleh pohon karet. Sarung tangan ini sangat elastis, mengikuti bentuk tangan, dan nyaman dipakai. Ada beberapa orang alergi terhadap sarung tangan latex sehingga harus memakai sarung tangan nitril sebagai penggantinya. Reaksi alergi yang ditimbulkan dari yang paling ringan yaitu gatal-gatal hingga yang berat tangan menjadi seperti melepuh. Harga sarung tangan latex steril lebih mahal dibanding yang non-steril.

Harga Sarung Tangan Lateks Steril 

Harga sarung tangan lateks steril satuannya daipatok dari 5 ribu hingga 10 ribu rupiah. Beli per box tentu lebih hemat dibanding membeli satuan, dimana harga per box nya rata-rata Rp. 150.000,-. Harga sarung tangan latex steril lebih mahal dibanding non-steril karena pembuatannya melalui proses sterilisasi yang ketat terlebih dulu. Sarung tangan latex steril dilengkapi powder/bedak di dalamnya agar lebih mudah saat digunakan. Sarung tangan steril dipakai hanya sekali saja dan langsung dibuang (disposable). Sterilisasi dengan menggunakan alkohol akan merusak bahan latex dan membuatnya tidak lagi efektif. Sarung tangan steril biasanya digunakan saat :
1. Menolong persalinan
2. Menjahit luka
3. Semua prosedur pembedahan, termasuk sunat
4. Pemasangan kateter (hemodialisa, vena sentral, uretra)

Sarung tangan latex steril dikemas per pasang dan digunakan hanya sekali pakai. Sarung tangan latex steril dapat dibeli satuan (per pasang) atau per kotak (box). Ukurannya menggunakan angka (6, 6.5, 7, 7.5, 8), dimana angka 6 adalah yang terkecil dan 8 yang terbesar. Wanita biasanya menggunakan nomor 6-7 dan laki-laki 7-8. Sarung tangan steril akan kadaluarsa setelah 5 tahun dari pembuatan.


Harga Sarung Tangan Latex Non-Steril

Sarung tangan latex non-steril ada yang powdered dan non-powdered. Sarung tangan yang non-powdered biasa digunakan oleh petugas laboratorium karena bedak dapat merusak preparat yang dibuat apabila keluar. Ada permukaannya dilengkapi dengan bintik-bintik kecil agar saat memegang alat-alat tidak licin. Suntouch adalah contoh merk sarung tangan latex non-steril yang dilengkapi dengan bintik-bintik kecil.

Sarung tangan latex non-steril dikemas dalam bentuk kotak dengan isi biasanya 50 pasang (100 buah) atau 100 pasang (200 buah). Sarung tangan latex non-steril cenderung lebih tipis dibanding yang steril. Ukuran terdiri dari S, M, dan L. Sensigloves, Fortune, dan Maxter adalah merk yang biasa digunakan. Harga sarung tangan latex non-steril bervariasi sekitar 40 hingga 50 ribu rupiah. Harga yang non-powdered sedikit lebih mahal dibanding yang powdered. Bisa juga membeli satuan dengan harga sekitar Rp. 3.000,- per pasangnya.

Petugas kesehatan biasanya menggunakan sarung tangan non-steril untuk pemeriksaan dalam (vaginal touche, rectal touche), intubasi endotrakea, kontak dengan cairan tubuh pasien dan alat-alat bekas pakai, penyuntikan obat, kontak dengan luka terbuka yang infeksius, pemeriksaan laboratorium, dan pengambilan sampel darah pasien.

Sarung tangan ini bisa disterilkan kembali dengan cara Disinfeksi Tingkat Tinggi (DTT) dengan menggunakan larutan klorin atau glutaraldehid dengan cara merendamnnya selama 20 menit. Ada juga yang menggunakan alhokol atau larutan iodine, akan tetapi alkohol tidak membunuh virus dan bakteri spesies Pseudomonas dapat tumbuh di larutan iodine. Memang sebaiknya sarung tangan digunakan sekali pakai saja.


Catatan : Harga diatas benar pada saat artikel ini ditulis namun dapat berubah sewaktu waktu tanpa pemberitahuan. Harga terbaru silahkan hubungi Telp / SMS / WhatsApp : 0822 144 623 86 / 081 12 2345 05 BBM : 2AB98F9C atau kunjungi www.tokoalkes.com.






Oleh : dokter Rifa
Sumber :

  • jualsarungtangan.comh
  • kesimpulan.com
  • nengbidan.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :