Harga Sarung Tangan Karet Latex

Harga sarung tangan karet latex bervariasi. Sarung tangan latex menjadi kebutuhan fasilitas-fasilitas kesehatan baik tingkat primer (klinik pribadi, klinik pratama, Puskesmas) maupun sekunder dan tersier (Rumah Sakit) karena dipakai setiap hari. Sarung tangan latex dipakai untuk pemeriksaan fisik pasien maupun tindakan-tindakan medis. Sarung tangan latex efektif digunakan karena dapat mencegah penularan mikroorganisme berbahaya (bakteri, virus, jamur, parasit), terutama dari pasien ke tenaga medis. Ibu-ibu rumah tangga pun kadang menggunakan sarung tangan latex saat bersih-bersih rumah, terutama saat bersentuhan dengan benda-benda kotor.


Harga Sarung Tangan Karet Latex
sarung tangan suntouch


Dimana tempat beli sarung tangan latex untuk keperluan medis? Dimana tempat beli sarung tangan latex steril dan non-steril? Semuanya bisa didapatkan di Toko Alkes! www.tokoalkes.com menjual kebutuhan alat-alat kesehatan bagi individu maupun institusi kesehatan. Toko Alkes sendiri memiliki toko offline yang bertempat di Jalan Pasir Kaliki No. 239 B, Bandung, tepatnya di depan RS Hasan Sadikin. Toko Alkes menjual bermacam-macam sarung tangan, baik steril maupun non-steril, baik bahan latex maupun bahan nitril.

Harga Sarung Tangan Karet Latex Steril dan Non Steril

Harga sarung tangan karet latex sedikit lebih murah dibanding sarung tangan nitril. Sarung tangan latex terbuat dari lateks alami pohon karet (getahnya). Sarung tangan latex ini elastis dan nyaman dipakai. Sarung tangan nitril dapat dijadikan pilihan apabila seseorang memiliki riwayat alergi terhadap protein lateks. Reaksi alergi yang ditimbulkan biasanya dalam bentuk ringan (gatal-gatal). Harga sarung tangan latex steril lebih mahal dibanding yang non-steril.

Harga sarung tangan karet latex steril di tokoalkes.com satuannya adalah Rp. 5.000,- (Merk EWG). Harga sarung tangan latex steril lebih mahal dibanding non-steril karena pembuatannya melalui proses sterilisasi yang ketat (dengan gas etilen oksida). Sarung tangan latex steril dilengkapi powder/bedak di dalamnya agar lebih mudah saat digunakan dan bentuknya sudah disesuaikan dengan tangan kanan dan kiri. Sarung tangan steril biasanya digunakan saat menolong persalinan, menjahit luka, semua prosedur pembedahan, pemasangan kateter (hemodialisa, vena sentral, uretra).

Dimana tempat beli sarung tangan latex non-steril? Toko Alkes tentu juga menjualnya. Sarung tangan latex non-steril dikemas per kotak dengan isi 50 pasang (100 buah) atau 100 pasang (200 buah) sarung tangan. Sarung tangan latex non-steril lebih tipis dibanding sarung tangan latex steril. Ukuran yang tersedia adalah S, M, dan L. Merk sarung tangan latex yang dijual di tokoalkes.com ada Sensigloves, Fortune, Maxter, dan Suntouch. Harga sarung tangan karet latex non-steril bervariasi sekitar 40 hingga 60 ribu rupiah. Harga yang non-powdered sedikit lebih mahal dibanding yang powdered. Bisa juga membeli satuan dengan harga sekitar Rp. 2.800,- per pasang.

Sarung tangan yang non-powdered biasa digunakan oleh petugas laboratorium karena bedak dapat merusak preparat yang dibuat apabila keluar dari sarung tangan. Ada yang permukaannya dilengkapi dengan bintik-bintik kecil (bertekstur) agar saat memegang alat-alat laboratorium tidak licin. Suntouch adalah contoh merk sarung tangan latex non-steril yang dilengkapi dengan bintik-bintik kecil.

Petugas kesehatan biasanya menggunakan sarung tangan non-steril untuk kontak dengan cairan tubuh pasien dan alat-alat bekas pakai, pemeriksaan dalam (vaginal touche, rectal touche), intubasi endotrakea, menyuntik obat, kontak dengan luka yang infeksius, pemeriksaan laboratorium, dan saat mengambil sampel darah pasien. Profesi kesehatan rentan akan penularan penyakit sehingga petugas kesehatan perlu melindungi dirinya sendiri agar tidak terpajan dengan mikroorganisme penyebab penyakit tersebut.






Oleh : Bidan Rina
Sumber :

  • tokoalkes.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :