Harga Handscoon Steril

Harga handscoon steril dijual dengan harga yang bervariasi. Biasanya harga yang ditawarkan oleh setiap toko-toko alat kesehatan akan berbeda-beda. Hal ini juga bergantung pada merk serta kualitas dari sarung tangan steril tersebut. Biasanya harga handscoon steril dengan kualitas yang baik akan lebih mahal dibandingkan dengan sarung tangan lainnya. Umumnya harga handscoon steril yang di jual di pasaran ialah Rp 5.000,- untuk satu bungkusnya. Sarung tangan steril ini di kemas dalam kemasan per bungkus. Setiap bungkusnya berisi sepasang handscoon steril.

Sarung tangan latex steril


Sarung tangan steril dalam setiap kemasan satu bungkus tersebut terdiri dari dua buah sarung tangan. Satu sarung tangan yang digunakan untuk tangan kiri dan satunya lagi sarung tangan yang digunakan untuk tangan kanan. Ukuran dari sarung tangan steril pun bervariasi. Ada sarung tangan steril dengan ukuran S, M dan L.

Harga Handscoon Steril di Toko Alkes 

Harga handscoon steril di toko alkes dari merk EWG dijual dengan harga Rp 5.000,- untuk satu bungkus atau sepasang sarung tangan. Harga tersebut tentunya merupakan harga yang masih dapat dijangkau oleh para praktisi kesehatan. Handscoon steril ini dapat digunakan sebagai sarung tangan sekali pakai ataupun dapat digunakan kembali dengan di sterilkan kembali.

Syarat Handscoon untuk di Desinfeksi 

Sarung tangan steril yang akan di desinfeksi atau digunakan kembali dengan di sterilkan terlebih dahulu, harus memenuhi beberapa syarat sebagai berikut :

  • Sarung tangan harus memenuhi syarat didesinfeksi (frekuensi, toleransi materi, membuat sarung tangan, desinfektan) atau tahan terhadap bahan kimia. Jika produsen dari sarung tangan steril yang telah digunakan tidak memberikan informasi tersebut, kita dapat menguji sarung tangan ini dengan menggunakan salah satu sarung tangan yang telah digunakan minimal untuk mengecek ada tidaknya kebocoran dari sarung tangan yang telah kita gunakan. 
  • Pastikan bahwa tidak terdapat perforasi atau kebocoran pada sarung tangan yang akan didesinfeksi. 
  • Sarung tangan tidak terkontaminasi dengan darah, sekret, atau ekskresi. 
Karena kenaikan kejadian dari perforasi dengan durasi memakai atau setelah tugas fisik menuntut, sarung tangan dipakai di daerah-perawatan intensif harus diubah setelah maksimal 15 menit dan setiap kali seorang pasien dicuci, bahkan jika semua langkah-langkah keamanan lainnya yang disebutkan di atas memiliki telah dilakukan / kriteria telah dipenuhi.

Terdapat beberapa pertimbangan yang dapat dijadikan sebagai acuan dalam menggunakan sarung tangan yaitu sebagai berikut :

  • Sarung tangan yang digunakan pada pasien yang sama selama perawatan tertentu harus dibuang setelah selesai melakukan perawatan atau tindakan. Mengganti sarung tangan biasanya berkorelasi dengan indikasi untuk melakukan desinfeksi tangan, misalnya saja ketika berpindah dari tindakan yang terkontaminasi (seperti pengisapan sekresi) dan berpindah pada tindakan yang tidak terkontaminasi (seperti pengoperasian sistem infus). 
  • Desinfektan sarung tangan harus menjadi pengecualian, misalnya, dalam situasi yang menuntut sering mengganti sarung tangan tetapi kenyataan menunjukkan bahwa sulit untuk menyadarinya, atau di mana mengganti sarung tangan dapat mengganggu alur kerja, misalnya, ketika berpindah bolak-balik antara terkontaminasi ke tugas yang tidak terkontaminasi pada pasien yang sama. Dalam situasi yang terakhir, kulit dapat rusak jika waktunya singkat dan sarung tangan yang baru, dimasukkan ke tangan yang masih basah dengan alkohol. 
  • Setelah melepas sarung tangan harus selalu melakukan tindakan desinfeksi tangan; mengenakan sarung tangan tidak menjamin perlindungan lengkap akan tangan terhindar dari kontaminasi, karena sarung tangan yang mengalami perforasi dapat terjadi tanpa diketahui dan risiko kontaminasi mungkin timbul jika sarung tangan itu tidak benar. 
  • Karena risiko merusak kulit dan peningkatan risiko perforasi, maka sarung tangan medis sekali pakai hanya dapat dikenakan pada tangan yang bersih, dan tangan yang benar-benar kering. 
  • Tangan harus didesinfeksi apabila sarung tangan tidak tersedia dalam tempat khusus atau wadah khusus menympan sarung tangan. Ketika sarung tangan diambil dari kotak atau tempat menyimpan sarung tangan, maka usahakan jangan menyentuh sarung tangan lainnya yang berada di dalam kotak atau wadah. 
Catatan : Harga diatas benar saat artikel ini ditulis, namun dapat berubah sewaktu waktu. Harga terkini silahkan lihat disini atau hubungi - Telp/SMS/WA: 081 12 2345 05 | 0822 144 623 86 - BBM: 29EAB6F3




Oleh : Bidan Rina

Sumber :
  • ncbi.nlm.nih.gov




Terima kasih untuk Like/comment FB :