Macam - Macam Sarung Tangan

Macam - macam sarung tangan yang biasa digunakan dalam bidang medis akan kami jelaskan dalam tulisan dibawah ini. Dalam bidang medis sarung tangan digunakan secara luas oleh tenaga kesehatan dalam pekerjaan sehari hari. Sarung tangan tersebut ada yang terbuat dari latex dan nitrile, ada pula yang steril dan non steril.  Tujuan penggunaan sarung tangan oleh tenaga kesehatan secara umum ada dua, yaitu untuk mencegah terjadinya cross infection (penularan penyakit dari pasien ke tenaga kesehatan atau sebaliknya). Tujuan kedua adalah mencegah terjadi kecelakaan kerja akibat alat atau bahan medis yang digunakan sehari-hari.

Alat medis bisa berupa benda tajam seperti pisau, gunting, jarum dan sebagainya yang dapat berbahaya jika melukai petugas kesehatan. Sedangkan bahan medis dapat berupa bahan kimia berbahaya apabila tersentuh, terpapar, terhirup dan sebagainya.

Macam-macam sarung tangan

Dalam bidang medis sarung tangan dibedakan berdasarkan steril dan tidaknya terdiri dari 2 macam yaitu steril dan non steril. Jika berdasarkan bahannya terdiri dari 2 macam yaitu nitrile dan latex.

1. Sarung tangan steril

Sarung tangan steril

Pada dasarnya awalnya semua sarung tangan tidak steril. Karena mendapatkan perlakuan tertentu sarung tangan tersebut menjadi steril, prosesnya disebut dengan sterilisasi. Teknologi yang digunakan untuk sterilisasi pada sarung tangan ada dua yaitu gas ethyline oxide (EO) dan electrone beam.

Teknologi EO adalah memasukkan sarung tangan kedalam ruangan gas (gas chamber) selama waktu tertentu. Sedangkan Electrone beam adalah ditembaki dengan elektrone berupa cahaya berenergi tinggi. Keduanya bertujuan untuk mematikan mikro organisme berupa virus, bakteri, jamur dan sebagainya sehingga sarung tangan menjadi steril.

Sarung tangan steril dalam bidang medis biasanya digunakan untuk pekerjaan yang berkaitan langsung dengan pasien dengan tujuan mencegah terjadinya infeksi pada luka terbuka. Tindakan tersebut antara lain menolong persalinan, tindakan operasi atau pembedahan dan sebagainya.

2. Sarung tangan non steril


Sarung tangan non steril tanpa powder

Sarung tangan non steril dalam bidang medis biasanya digunakan untuk tindakan yang sifatnya umum seperti pemeriksaan pasien, memegang atau membawa alat dan bahan medis dan sebagainya. Tujuannya untuk mencegah terjadinya infeksi silang atau cross infection dari pasien kepada petugas kesehatan dan sebaliknya. Tujuan yang lain adalah untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja pada petugas kesehatan akibat dari pekerjaan sehari hari mereka.

Sarung tangan non steril biasanya dikemas dalam kemasan kotak kertas berisi 100 buah atan 50 pasang. Karena tidak steril sarung tangan ini tidak memiliki masa kadaluarsa.

3. Sarung tangan latex


Sarung tangan latex

Latex berasal dari getah pohon karet yang kemudian diolah menjadi berbagai macam barang industri salah satunya sarung tangan. Sarung tangan latex memiliki keunggulan sangat lentur sehingga nyaman dipakai dan dapat membentuk tangan. Namun bagi sebagian orang dapat menyebabkan alergi dari mulai ringan sampai berat. Alergi yang ringan biasanya kemerahan dan gatal pada permukaan kulit sedangkan yang berat bisa sampai melepuh seperti terbakar.

4. Sarung tangan nitrile


Sarung tangan nitrile

Nitrile adalah bahan sintetis yang digunakan secara luas dalam banyak bidang industri seperti otomotif, penerbangan, perkapalan dan sebagainya. Salah satu produk dari nitrile adalah sarung tangan medis yang memilik keunggulan tidak menyebabkan alergi bagi pemakainya. Keunggulan lainnya adalah lebih terhadap tusukan benda tajam dibandingkan latex.

Namun selain memiliki kelebihan juga terdapat kekurangan yaitu kurang lentur dibandingkan latex sehingga kurang nyaman dipakai.

TokoAlkes jual macam - macam sarung tangan


TokoAlkes® jual  macam - macam sarung tangan. Kami melayani eceran dan partai besar. Jika anda berdomisili di Bandung untuk informasi silahkan kunjungi toko kami di :


Jl. Pasir kaliki no. 239B (depan Rumah Sakit Hasan Sadikin) Bandung

Telp. 0851 0117 9366 / 022 2032522
SMS / WhatsApp : 081 12 2345 05 / 0822 144 623 86
BBM :  29EAB6F3

Toko online jual macam - macam sarung tangan


Kami juga melayani pengiriman macam - macam sarung tangan ke seluruh Indonesia menggunakan ekspedisi JNE, TIKI, POS dan lainnya. Ongkos kirimnya juga murah, misalnya menggunakan ekspedisi JNE Reguler untuk tujuan Jakarta, Tangerang, Bekasi Bogor dan sekitarnya ongkos kirimnya sekitar 10 ribu per kg.

Silahkan kunjungi toko online kami www.tokoalkes.com





Terima kasih untuk Like/comment FB :