Sarung Tangan Steril

Sarung tangan steril biasanya digunakan untuk bidang kedokteran yaitu dalam tindakan medis yang memerlukan alat dan bahan steril supaya tidak mengakibatkan infeksi pada pasien. Misalnya digunakan pada tindakan kepada pasien yang terdapat luka terbuka yaitu antara lain operasi, membatu persalinan, khitanan, pengobatan bekam dan sebagainya. Selain itu juga digunakan pada laboratorium yang memerlukan kondisi alat, bahan dan ruangan yang steril.

Pada dasarnya sarung tangan steril adalah sarung tangan biasa yang mendapatkan perlakuan tambahan untuk membuat dan mempertahankan kondisi steril dalam jangka waktu tertentu. Sterilisasi adalah tindakan untuk menghilangkan semua mikroorganisme yaitu bakteri, jamur, virus, parasit termasuk endospora bakteri.


Sarung Tangan Steril

 Sarung tangan steril merk EWG

Sarung Tangan Steril
Sarung tangan latex steril

Teknologi untuk membuat sarung tangan steril

Teknologi yang digunakan untuk mensterilisasi sarung tangan karet adalah :
  • Gas Ethyline Oxide (ETO), yaitu dimasukkan dalam ruangan tertutup rapat kemudian diisi dengan gas yang dapat masuk kedalam kemasan sarung tangan berupa plastik atau kertas.
  • Electrone beam, yaitu ditembaki dengan elektron berenergi tinggi yang dapat mematikan semua mikroorganisme termasuk endospora bakteri.
Sterilisasi dengan teknik pemanasan tidak digunakan untuk sarung tangan karena dapat merusak karetnya.

Sarung tangan steril dikemas per pasang dalam wadah plastik atau kertas yang dapat menjaga tetap steril hingga 5 tahun. Jadi untuk memastikan sarung tangan yang anda gunakan tetap steril pastikan kemasannya tidak sobek atau bocor. Karena didesain sebagai produk disposible atau sekali pakai maka jangan menggunakan kembali sarung tangan bekasnya. Pastikan bahwa anda hanya menggunakan sarung tangan yang baru.

Sarung tangan steril memiliki masa kadaluarsa, biasanya 5 tahun sejak tanggal produksi. Masa kadaluarsa tersebut biasanya tertulis di setiap kemasannya, jadi sebaiknya jangan digunakan jika masa kadaluarsa telah lewat.

Sarung tangan steril biasanya digunakan dalam bidang kedokteran untuk tindakan medis yang mengharuskan menggunakan alat dan bahan steril supaya pasien tidak terinfeksi. Tindakan medis tersebut antara lain operasi dan pembedahan, tindakan hecting, membantu persalinan, proses khitan dan sebagainya.

Ukuran sarung tangan steril

Pengkodean ukuran sarung tangan steril menggunakan angka. Di Indonesia yang paling umum adalah ukuran 6,5 | 7 | 7,5 | 8 | 8,5 dengan penjelasan sebagai berikut :
  • Ukuran 6,5 - 7 untuk ukuran wanita
  • Ukuran 7 - 7,5 Untuk ukuran pria
  • Ukuran 8 Untuk pria atau wanita dengan ukuran tangan yang lebih besar
  • Ukuran 8,5 Untuk ukuran tangan yang sangat besar
Harga sarung tangan steril lebih mahal dibandingkan non steril biasanya di kisaran 5 - 20 ribu rupiah per pasang. Hal ini berbeda dengan sarung tangan non steril yang biasanya dijual dalam kemasan berisi 50 pasang atau 100 buah.

Jika sarung tangan non steril tidak membedakan bentuk kanan dan kiri, sarung tangan steril biasanya bentuknya ergonomis artinya bentuknya sesuai dengan tangan kanan dan kiri kita sehingga lebih nyaman dalam penggunaannya.  

Toko yang jual sarung tangan steril

Untuk informasi lebih lanjut tentang sarung tangan steril dan non steril silahkan hubungin kami :  

TokoAlkes®

Jl. Pasir kaliki no. 239B (depan Rumah Sakit Hasan Sadikin) Bandung
  • Telp. 0851 0117 9366 / 022 2032522 fax 2041315
  • SMS / WhatsApp : 0822 144 623 86 / 081 12 2345 05
  • BBM : 7F8B61CD / 52B65C54
Jika anda berdomilisi di Kota Bandung dan sekitarnya silahkan datang langsung ke alamat tersebut.  

Toko online jual sarung tangan steril

Kami juga melayani pengiriman sarung tangan steril ke seluruh Indonesia menggunakan ekspedisi JNE, TIKI, POS dan lainnya. Ongkos kirimnya juga murah, misalnya menggunakan ekspedisi JNE Reguler untuk tujuan Jakarta, Tangerang, Bekasi Bogor dan sekitarnya ongkos kirimnya sekitar 10 ribu per kg. Silahkan kunjungi toko online kami www.tokoalkes.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :