Sarung Tangan Medis

Sarung tangan medis sesuai dengan namanya digunakan untuk keperluan kedokteran yaitu berhubungan dengan tindakan medis. Secara umum tindakan medis yang dimaksud ada dua yaitu yang sifatnya umum dan khusus. Penggunaan yang sifatnya umum misalnya untuk pemeriksaan atau examination sedangkan penggunaan khusus adalah untuk tindakan yang memerlukan alat dan bahan steril misalnya tindakan operasi, menolong persalinan yang tujuannya mencegah pasien dari infeksi.

Penggunaan sarung tangan medis selain untuk melindungi pasien juga bertujuan untuk melindungi petugas kesehatan terhadap kemungkinan terjadinya infeksi silang (cross infection) dari pasien dan sebaliknya. Hal ini disebabkan pekerjaan sebagai petugas kesehatan memiliki resiko tinggi tertular penyakit dari pasien.

Sarung Tangan Medis
 Sarung tangan medis latex

Sarung Tangan Medis
Sarung tangan steril

Sarung tangan medis non steril

Berdasarkan steril dan tidaknya sarung tangan medis terdiri dari dua macam yaitu steril dan tidak steril. Tujuan penggunaan alat pelindung diri ini adalah untuk mencegah petugas kesehatan dan pasien terinfeksi atau saling menularkan penyakit (cross infection).

Dalam bidang kedokteran sarung tangan non steril digunakan untuk keperluan yang sifatnya umum seperti pemeriksaan kesehatan pasien, membawa atau memegang alat dan bahan kedokteran dan sebagainya.

Sarung tangan yang digunakan bisa berasal dari bahan latex maupun nitrile. Jika petugas kesehatan mengalami alergi terhadap latex dapat menggunakan nitrile sebagai penggantinya.

Ada sarung tangan yang didesain secara khusus misalnya diberikan bau dan rasa tertentu seperti mint. Sarung tangan ini biasanya digunakan untuk keperluan kedokteran gigi. Namun sarung tangan mint ini biasanya harganya lebih mahal dibandingkan sarung tangan biasa.

Sarung tangan medis steril

Sarung tangan steril biasanya digunakan untuk keperluan khusus dalam tindakan medis, yaitu tindakan yang berhubungan langsung kepada pasien, tujuannya mencegah terjadinya infeksi pada pasien. Tindakan medis yang dimaksud adalah yang mengakibatkan luka terbuka yang dapat mengakibatkan mikro organisme masuk.

Tindakan medis yang memerlukan sarung tangan steril antara lain :
  • Operasi dan pembedahan
  • Tindakan hecting pada luka terbuka
  • Menolong persalinan
  • Khitan
  • Operasi minor
  • dan lain - lain
 
Bahan sarung tangan medis

Secara umum sarung tangan yang digunakan untuk keperluan medis saat ini terbuat dari 2 jenis bahan yaitu :

1. Bahan latex

Latex adalah bahan alamai dari getah pohon karet yang diolah menjadi produk sarung tangan. Memiliki keunggulan harga yang lebih murah, sangat lentur sehingga nyaman digunakan dan dapat membentuk tangan dengan baik. Sedangkan kelemahannya dapat mengakibatkan alergi bagi sebagian orang berupa gatal pada permukaan kulit.

 2. Bahan nitrile

Nitrile adalah bahan sintetis yang banyak digunakan dalam berbagai macam industri seperti otomotif, perkapalan, penerbangan dan sebagainya. Memiliki keunggulan lebih kuat dan tahan disimpan dalam jangka waktu lama serta tidak menimbulkan alergi. Namun kelemahannya harganya biasanya lebih mahal dibandingkan latex dan kurang lentur sehinggu kurang nyaman dipakai.    

Jual sarung tangan medis

Kami menjual berbagai merk dan jenis sarung tangan, untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi di :

TokoAlkes®
  • Jl. Pasir kaliki no. 239B (depan Rumah Sakit Hasan Sadikin) Bandung
  • Telp. 0851 0117 9366 / 022 2032522 fax 2041315
  • SMS / WhatsApp : 0822 144 623 86 / 081 12 2345 05
  • BBM : 7F8B61CD / 52B65C54
Jika anda berdomilisi di Kota Bandung dan sekitarnya silahkan datang langsung ke alamat tersebut.

Toko online jual sarung tangan medis

Kami juga jual sarung tangan medis secara online melayani pengiriman sarung tangan ke seluruh Indonesia menggunakan ekspedisi JNE, TIKI, POS dan lainnya. Ongkos kirimnya juga murah, misalnya menggunakan ekspedisi JNE Reguler untuk tujuan Jakarta, Tangerang, Bekasi Bogor dan sekitarnya ongkos kirimnya sekitar 10 ribu per kg. Silahkan kunjungi toko online kami www.tokoalkes.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :