Sarung Tangan Latex

Sarung Tangan Latex berasal dari bahan alami yaitu latex. Latex adalah bahan alami diambil dari pohon karet dengan cara menyadap getahnya. Cairan kental berwarna putih kekuningan ini kemudian diolah menjadi berbagai macam barang diantaranya sarung tangan. Sarung tangan yang dihasilkan disebut dengan sarung tangan latex. Sarung tangan latex memiliki keunggulan lebih lentur sehingga membentuk tangan dan nyaman digunakan. Keunggulan yang lain adalah harganya biasanya lebih murah dibandingkan sarung tangan dari bahan lain. Namun selain memiliki keunggulan tersebut sarung tangan ini dapat menyebabkan alergi bagi sebagian orang.


Sarung Tangan Latex
 Sarung tangan latex

Sarung Tangan Latex
 Sarung tangan latex non powder

Sarung tangan latex

Sarung tangan latex biasanya berwarna putih kekuninga sesuai dengan warna alaminya. Sarung tangan ini memiliki keunggulan antara lain :
  • Harganya biasanya lebih murah dibandingkan nitrile
  • Paling elastis dibandingkan bahan lain sehingga nyaman dan membentuk tangan
  • Lebih ramah lingkungan dibandingkan bahan lain.
Selain memiliki kelebihan tentu memiliki kekurangan, yaitu :
  • Pada sebagian orang dapat mengakibatkan alergi mulai ringan sampai berat. Alergi ringan biasanya gatal dan kemerahan pada permukaan kulit sedangkan yang berat bisa berakibat kulit melepuh.
  • Kurang tahan terhadap bahan kimia dan biaohazard dibandingkan bahan yang lain yaitu nitrile.
  • Kurang tahan terhadap benda tajam.
  • Jika disimpan terlalu lama akan lebih rapuh dan mudah sobek.
  • Jika terkena sinar matahari dapat berubah warna menjadi lebih gelap.

Powder pada sarung tangan

Berdasarkan kandungan powdernya sarung tangan latex dibagi menjadi 2 yaitu powdered dan non powder. Powder adalah semacam bedak yang tidak berbau wangi digunakan dalam proses produksi, penyimpanan dan pemakaian. Tujuan pemakaian powder adalah sebagai berikut :
  • Pada proses produksi supaya mudah, cepat dan tidak lengket
  • Ketika sarung tangan disimpan powder mencegah lengket satu sama lain
  • Ketika memakai dan melepas sarung tangan menjadi lebih mudah
Sarung tangan powdered digunakan untuk keperluan yang sifatnya umum seperti pemeriksaan kesehatan, penggunaan dalam industi, rumah tangga dan sebagainya. Sedangkan yang non powder biasanya digunakan untuk kebutuhan khusus misalnya di laboratorium yang dikhawatirkan tanpa sengaja powdernya tercampur kedalam sampel.

Sarung tangan latex steril dan non steril

Sarung tangan latex ada yang diproduksi steril dan tidak steril. Yang steril umumnya digunakan dalam bidang kedokteran, yaitu ketika melakukan tindakan medis yang memerlukan alat dan bahan steril untuk mencegah terjadinya infeksi pada pasien. Misalnya ketika melakukan operasi, menjahit luka, menghkitan dan sebagainya.

Sarung tangan steril biasanya dikemas per pasang dalam wadah plastik atau kertas yang tertutup rapat dan kedap udara dengan jangka waktu kadaluarsa 5 tahun. Dikemas dalam kotak kertas atau kardus berisi 50 pasang, sedangkan yang tidak steril dikemas dalam dus isi 100 buah atau 50 pasang.

Sarung tangan latex digunakan hampir di semua bidang, yaitu antara lain medis, rumah tangga, industri, perhotelan, laboratorium dan sebagainya.



Terima kasih untuk Like/comment FB :